Tidak Bisa Melakukan Copy Database, SQL Server 2005

Ohh tidakkkk!! Sql saya membandel!!
Mau copy database tapi tidak bisa, muncul pesan error "Access denied", Apa yang harus kulakukan?? What should I do?? Otoke??

Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah... Berdoa.
Ya, Berdoa, itu sangat membantu Anda.
Bicarakan hal ini kepada Tuhan agar Dia bisa turut membantu Anda di saat Anda kesusahan.. dan.. Oke Oke, ceramahnya nanti aja.. Hehe

Jadi gini, apakah Anda melakukan peng-copy-an dari SQL Server 2005 ke SQL Server Express??
Wahh, kalo itu yang Anda lakukan, jangan harap dehh. Sampai si buta melihat si bisu berbicara pada si tuli baru lah itu bisa tercopy. HAHAHA

Saya tidak akan membahas cara copy antar server, soalnya ribet.
Yang akan saya bahas di sini adalah cara copy database ke folder lainnya. :D

Jika terjadi error, "Detach" pada database yang akan Anda copykan. Caranya?
Buka Sql server 2005 Anda, lalu klik kanan di bagian database yang akan Anda copykan, pilih pilihan "Task", lalu "Detach", dan "Ok".
Kemudian coba lakukan pengcopyan lagi.

Kalau masih gak bisa, Attach database Anda, lalu klik kanan di nama database Anda, pilih "Task", lalu "Bring offline". Dan, coba copy lagi.

Nih cara ketiga kalau masih tetap gak bisa; Stop-kan service server Anda. Caranya?
Pilih Start >> All Programs >> Microsoft Sql Server 2005 >> Configuration Tools >> Sql server configuration Manager >> SQL server 2005 services >> klik kanan pada server yang Anda pakai untuk membuat database, misalnya Sql Server ( SQLSERVER2005 ), lalu pilih Stop.
Setelah itu coba copy database Anda. Setelah selesai copy, ingat jalankan lagi Service server Anda, caranya sama dengan cara stop servis tadi.

NB : Disarankan tidak menggunakan software perantara untuk pengcopyan, misalnya Teracopy, karena pada saat pengcopyan membutuhkan izin dari Admin, jika menggunakan Teracopy tidak akan tercopy karena langsung di-skip.


Nah, itu lah solusi jika database tidak bisa dicopy.

Kunjungi juga dulianto.com untuk tips coding , Linux, dll :D

Semoga membantu.
Salam Jejes :D

Jejes

Jejes sebagai penulis Blog Jejes' Island menerima kritik dan saran yang boleh diberikan melalui kotak komentar di bawah atau dengan email ke jessicaaswin@gmail.com . Jejes juga mengelola Blog Winvestionary yang dapat dikunjungi melalui menu WInvestionary di atas atau klik di sini.

2 comments: