Berantas Insomnia!!

Insomnia...hal yang paling umum dibicarakan orang.
Penyakit susah tidur ini sangat tidak menyenangkan, bayangkan saja tubuh Anda sudah lelah dan sepatutnya untuk beristirahat, tapi mata Anda tak kunjung tutup alias tak bisa berkompromi.
Hal ini akan mengakibatkan kantuk di pagi hari dan berbahaya bagi yang berkendara.

Mari kita lihat cara mengatasi penyakit "kelelawar" ini :D

1. Olahraga teratur. Beberapa penelitian menyebutakan bahwa olahraga teratur bisa mengatasi penyakit insomnia. Dan olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan begini, kesehatan jadi lebih optimal sehingga tubuh bisa melawan stress dengan lebih baik.

2. Hindari makan dan minum berlebih saat jelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan mengakibatkan perut menjadi tidak nyaman. Konsumsilah makanan ringan yang kadar karbohidratnya sedikit menjelang tidur, dan tambahkan susu hangat bila tersedia. Kurangi minuman yang bersifat cairan stimulant karena akan membuat Anda terjaga.

3. Ciptakan kondisi tidur yang nyaman. Sesuaikan suhu kamar dengan kenyamanan Anda, dan pastikan tidak ada alarm yang akan berbunyi pada jam tidur Anda. Saat hendak tidur, matikanlah lampu dan ciptakan keheningan. Saran saya, bagi Anda yang takut pada kegelapan, boleh menggunakan konsep "glow in the dark" pada kamar  Anda. :)




4. Mandi / berendam air hangat 30 menit sebelum tidur. Air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu juga mengurangi ketegangan tubuh sehingga hal ini baik dilakukan untuk mengatasi insomnia.

5. Menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat berbaring maka akan timbul rangsangan untuk tidur. Buat yang punya kebiasaan nonton TV, berprogramming ria di tempat tidur, atau membaca buku di tempat tidur, diubah yah kebiasaannya? :D

6. Melakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Misalnya dengan mendengarkan lagu jazz, melatih pernafasan, menjernihkan pikiran dan meditasi bisa membuat diri menjadi lebih santai dan akan mempermudah diri untuk tidur.

7. Melatih mata untuk terpejam. Jika hal ini dilakukan teratur setiap harinya, maka penyakit insomnia ini akan memudar secara perlahan.





Kalau tips ini tidak membantu, kunjungi dokter yah.. :)


dikutip dari : Majalah Yellow Pages Community

Jejes

Jejes sebagai penulis Blog Jejes' Island menerima kritik dan saran yang boleh diberikan melalui kotak komentar di bawah atau dengan email ke jessicaaswin@gmail.com . Jejes juga mengelola Blog Winvestionary yang dapat dikunjungi melalui menu WInvestionary di atas atau klik di sini.

No comments:

Post a Comment