Samsung Galaxy Note 10.1

Kali ini saya akan membahas tentang Samsung Galaxy Note 10.1
Samsung Galaxy Note 10.1, tablet berukuran 10.1 inci.

Speksifikasi singkat :

Model Number : GT-N8000

Android version : 4.1.2 ( Jelly Bean )
Kamera : 
  • Depan : 1,9 M ( 1392 x 1392 )
  • Belakang : 5 M ( 2560 x 1920 ), auto focus, flash light

Multiple window / multi layar : Ya
GPS
Wi-Fi, hotspot
Bluetooth
Memori internal : 16 GB / 32 GB
Memori eksternal : Yes

Sebagian besar orang awam yang kurang mengerti fungsi tablet ini pada umumnya akan memanfaatkan tablet hebat ini hanya untuk bermain game. Sangat disayangkan jika fitur-fitur yang bagus tidak dimanfaatkan dengan baik, percuma membeli tablet secanggih ini hanya untuk sekedar bermain game. Nah, untuk itu, saya akan menunjukkan cara memanfaat fitur-fitur canggih yang tersedia dalam tablet ini. :D

Fitur andalan utama, apa lagi kalau bukan SNote?


Pada Samsung Galaxy Note, ( yah namanya juga sudah Note )
Fitur ini sangat membantu bagi saya, karena selain mencegah global warming, bawaan kita kemana-mana juga semakin ringan, tanpa kertas-kertas yang berantakkan lagi, juga tdak perlu membawa pen / pensil / penghapus. Fitur ini sangat cocok untuk desainer, pelajar, dan bagi Anda yang banyak menggunakan kertas atau catatan :)
Kali ini saya akan membahas tentang cara penggunaan SNote :D

Bagaimana cara menggunakannya?
1. Buka menu dan pilih SNote

icon SNote yang berwarna cokelat

2. Nah, setelah itu, di sebelah kanan atas, sentuh tanda "+"

Tanda + (add) ada di sebelah kanan atas

3. Pilih tipe note yang akan dibuat.

berbagai jenis template yand disediakan

 

4. Di sini saya akan menjelaskan dengan menggunakan template "Magazine" ( Majalah ), karena menurut saya yang ini lebih kompleks untuk dijadikan bahan penjelasan :)


Dari screen shot di atas, terlihat tulisan "Tap & hold to add video", kita bisa memasukkan video dengan melakukan seperti petunjuknya yaitu menyentuh dan tahan hingga muncul peringatan untuk memasukkan video, jadi di dalam note yang canggih ini kita bisa baca sambil menonton video, keren bukan? :)

Nah, sekarang mari kita lihat bagian paling atas, ada icon bola dunia, ketika menyentuh icon itu maka kita akan diminta memasukkan kata yang hendak dicari artinya ( definisinya atau keterangannya ).


Lalu saya mengetikkan kata "cake" , dan akan keluar hasil pencarian seperti ini


Nah, kembali lagi ke menu yang paling atas tadi, disampingnya terdapat "Record sketching". Ketika kita menyentuh itu, maka semua yang kita kerjakan dalam note tersebut akan terekam prosesnya. Fitur ini cocok untuk pendesain, agar bisa melihat kembali cara menggambar sesuatu di dalamnya, ( direkam seperti video langsung ). Fitur ini menarik, silahkan mencoba sendiri :)


Lalu ada Close ( Tutup ), Save ( Simpan ), Add ( + ), Pilihan, serta icon untuk multi window.
Perlu diperhatikan bahwa, ketika Anda telah membuat catatan dan belum menyentuh icon Save jangan menyentuh icon Close atau catatan yang telah Anda salin tidak akan tersimpan.
Saya pernah mencatat catatan ke dalam note ini dan secara tidak sengaja tersentuh icon Close, ketika dibuka kembali catatan yang telah saya salin tidak tersimpan sama sekali. ^^"

Kemudian icon Add ( + ), fungsinya untuk membuat catatan baru, yang kemudian akan muncul pilihan template seperti tadi.

Pada Icon Pilihan ( option ), terdapat banyak anak menu, ada :

  • Share via ( berbagi lewat ), ada 4 pilihan untuk berbagi, yaitu dalam format gambar, PDF, SNote, atau Text. Pilihlah sesuai keinginan Anda, pilihan-pilihan ini sangat membantu :)

  • Lalu ada pilihan Export, pilihan ini untuk mengubah ( mengconvert ) format SNote Anda menjadi file gambar atau pdf, sesuai pilihan Anda.
  • Change Background : pilihan untuk mengubah latar belakang catatan Anda, ketika Anda menyentuh salah satu dari pilihan itu maka latar belakang catatan Anda akan berubah sesuai gambar pilihan Anda.

Selain dari gambar bawaan, Anda juga bisa memilih dari gambar Anda sendiri, dengan menyentuh icon di sudut kanan atas. Dan akan muncul seperti ini



Anda bisa memilih gambar dari Dropbox ( bukan aplikasi bawaan ), Galeri, dan Samsung Link.

Oke, sekarang Anda telah mengerti menu bagian atas, sekarang saya akan menjelaskan menu utamanya :)


( Dari kiri ke kanan )
Icon View Mode, Drawing Mode, Productivity Tools, Text Mode, Eraser Mode, Undo, Redo, Insert object, Voice Memo, Favorites.

  1. Icon View Mode : Untuk mengubah mode tampilan ke "Tampilan", dalam mode "Tampilan" kita tidak bisa mengedit catatan kita, maka sentuh sekali lagi untuk mengubah mode tampilan ke "Edit"
  2. Drawing Mode : 

    Jika kita menyentuh Drawing Mode, maka akan muncul pilihan berbagai tipe pen yang tersedia, dari pen hingga stabilo, warnanya juga bisa dipilih sesukamu. Juga disediakan semacam testing, seperti berikut ini 


    Pre-draw, untuk mengetes warna dan tipe pen yang dikehendaki.

    3. Productivity Tools
    Jika icon ini diaktifkan, maka ketika Anda menggambarkan Persegi secara sembarangan, maka persegi tersebut akan secara otomatis menyempurnakan diri. Jika pilihan ini ditahan, maka akan muncul pilihan productivity tools lainnya, seperti text dialog, dan formula match. (Bagian ini akan saya jelaskan pada pengembangan blog selanjutnya)

    4. Text Mode : Mode untuk mengetik, pada mode ini kita bisa memilih jenis tulisan ( font type , size, color )

    5. Eraser Mode : Mode untuk menghapus, kita bisa menyetel seberapa besar penghapus yang diinginkan.

    6. Undo : untuk mengembalikan apa yang telah kita ubah.

    7. Redo : untuk mengembalikan apa yang kita ubah.

    8. Insert Object : banyak pilihan objek yang bisa dimasukkan, dimulai dari ambil foto secara langsung, gambar, rekam video, video, clipboard ( segala hal yang telah kita copy, akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya ), peta, clip art, idea sketch ( sketsa idea yang kita buat sendiri ), kotak teks, dan shape ( seperti panah, persegi, kubus, tabung, dll )

    9. Voice Memo : fitur ini sangat membantu saya dalam perkuliahan, selain bisa mencatat, kita juga bisa sambil merekam suara di sekitar, sehingga ketika waktu belajar, saya bisa membaca sekaligus mendengar ulang penjelasan dosen yang telah saya rekam.

    10. Favorites : menandakan halaman favorit Anda.
Lalu menu bagian bawah ada halaman, icon tambah halaman dan icon bergambar tangan.
Icon bergambar tangan itu jika kita sentuh, maka jika gambar icon berubah menjadi tangan dengan tanda dilarang, maka Anda bisa leluasa menulis di Note Anda dengan menggunakan pen, karena layar Note Anda tidak akan membaca sentuhan tangan Anda, dia hanya akan membaca pen Anda, dan sebaliknya.



Cukup untuk saat ini, post ini masih akan terus dikembangkan. :)

Semoga bermanfaat ^^
Penjelasan untuk fitur lainnya akan segera menyusul.
Apabila ada pertanyaan boleh ditanyakan dengan memasukkan komentar di kotak komentar yang telah disediakan. :D
Kritik dan saran diterima :)
Terima Kasih.

Jejes

Jejes sebagai penulis Blog Jejes' Island menerima kritik dan saran yang boleh diberikan melalui kotak komentar di bawah atau dengan email ke jessicaaswin@gmail.com . Jejes juga mengelola Blog Winvestionary yang dapat dikunjungi melalui menu WInvestionary di atas atau klik di sini.

No comments:

Post a Comment