Cara Menjadikan Smartphone atau Tablet Sebagai Modem

HALLO PARA PENJELAJAH !!!!!!

Kali ini Jejes akan bahas tentang bagaimana menjadikan smartphone atau tablet Anda menjadi modem. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot khusus membawa modem untuk internetan. :)

Nah, ikuti aja cara-cara dibawah ini.. Jejes menyediakan 2 cara.


Cara pertama yaitu menjadikan smartphone sebagai modem :

1. Buka smartphone kamu, pilih menu setting
2. Pilih menu paling atas "Wireless and Network"


Tampilan Setting Pada Android O.S. Gingerbread
Menu Setting Pada Android O.S. KitKat

3. Lalu pilih "Tethering and portable hotspot", untuk yang O.S. Kitkat bisa lihat gambar di atas

Lihat menu ke 4, Tethering and portable hotspot

4. Nah, setelah itu akan muncul pilihan "USB tethering" dan "Mobile AP". Apa bedanya?

Pilihan USB tethering hanya akan aktif jika smartphone kamu terkoneksi atau tersambung dengan laptop atau komputer kamu. Jadi, jika kamu hanya ingin memakai smartphone kamu layaknya modem biasa, silahkan pilih pilihan ini, tapi berarti kamu harus membawa kabel data kemana-mana jika ingin menjadikan seperti modem biasa. Kelebihannya yah baterei smartphone kamu gak akan habis karena sambil di charge ke laptop atau komputer kamu. 

Sedangkan, pilihan "Mobile AP" akan tetap aktif dalam keadaan tersambung ke laptop/komputer maupun tidak. Pilihan ini menjadikan smartphone kamu sebagai sumber wi-fi dengan jarak dekat. Jika smartphone kamu tidak tersambung ke sumber listrik, maka baterei smartphonemu (your smartphone battery) akan terkuras. Kelebihan pilihan ini adalah tidak hanya laptop kamu yang bisa internetan dengan jaringan internet smartphonemu (your smartphone) tapi juga orang-orang sekitar yang ingin menjelajah internet dengan menggunakan kuota internetmu. :)




5. Lalu, jika kamu ingin memproteksi agar orang lain tidak bisa memakai wi-fi kamu secara sembarangan, kan gak keren kuota habis gara-gara dipake sama OTK ( orang tak dikenal ), kamu juga bisa memasang password di perangkat smartphonemu. :) Caranya? Pilih saja "Mobile AP settings" lalu masuk ke "Configure mobile AP". 


6. Setelah kamu memilih pilihan tadi, maka akan muncul kotak dialog seperti ini:
Isikan nama wi-fi sesuai seleramu, misalnya "AndroidAP", security-nya tersedia 2 pilihan yaitu Open dan WPA2 PSK, jika ingin memasukan password, maka pilih WPA2 PSK, lalu masukan password yang kamu inginkan. Lalu pilih "Save".


Nah, simple bukan? 


Nih, cara kedua, dengan menggunakan tablet.

1. Buka menu "Setting", pilih "More Settings"

2. Pilih "Tethering and portable hotspot"


3. Nah, di sini pilihannya juga ada 2, USB tethering yang fungsinya sama dengan yang smartphone tadi. Lalu "Portable Wi-Fi hotspot" yang fungsinya sama dengan "Mobile AP"

4. Cara setting passwordnya yaitu dengan pilih menu "Configure" lalu masukkan nama dan password sesuai kehendakmu, lalu jangan lupa pilih "Save".



5. Mengenai "Allowed devices", pilihan itu untuk mengeliminasi perangkat mana saja yang diperbolehkan untuk turut memakai Wi-Fi dari tablet tersebut.

Bagaimana? Mudah bukan?



Semoga bermanfaat yah :D


Kunjungi juga dulianto.com untuk tips coding , Linux, dll :D
Kritik dan saran bisa disampaikan melalui kotak komentar di bawah. :)
Thanks to visit my site. :)

Salam, Jejes :D

Jejes

Jejes sebagai penulis Blog Jejes' Island menerima kritik dan saran yang boleh diberikan melalui kotak komentar di bawah atau dengan email ke jessicaaswin@gmail.com . Jejes juga mengelola Blog Winvestionary yang dapat dikunjungi melalui menu WInvestionary di atas atau klik di sini.

No comments:

Post a Comment