Serangan Jantung?

Gimana sih gejala serangan jantung itu?
Mari kita simak.

Beberapa serangan jantung seringkali sulit dikenali karena sepintas tidak ada hubungannya dengan jantung. Jadi, kenalilah tanda-tanda gangguan pada jantung berikut ini sedini mungkin :

KERINGAT DINGIN
Keringat mengucur berlebihan meski tidak sedang beraktivitas. Gejala tersebut disertai nafas pendek-pendek dan tersengal saat mulai merasa tidak nyaman di daerah dada dan sekitarnya.

CEPAT LELAH
Mudah lelah saat melakukan aktivitas ringan, bahkan sering merasa lelah tanpa sebab. Kebanyakan gejala serangan jantung diawali oleh kondisi tubuh yang mudah lelah akibat minimnya oksigen ke jantung.

SEPERTI MASUK ANGIN
Serangan jantung kerap pula dimulai dengan rasa mual dan muntah, sehingga sering disalahartikan sebagai masuk angin. Akibatnya, pertolongan lambat diberikan karena penderita tidak segera dibawa ke rumah sakit.

TUBUH NYERI
Biasanya rasa nyeri dan kebas menghinggapi tangan kiri. Tapi bisa juga muncul pada bagian tubuh lainnya, seperti pundak, punggung, bagian atas perut, bahkan rahang.

RASA TERTEKAN DI DADA
Dada terasa seperti ditekan oleh benda berat. Biasanya menjalar ke leher, punggung, dan rahang, disertai pusing, mata berkunang-kunang, mual. Nyeri di dada biasanya bakal berkurang ketika beristirahat, namun kembali terasa ketika beraktivitas.


PERTOLONGAN PERTAMA

Bila gejala-gejala tersebut terasa, segera ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut, meski ada kalanya juga gejala umum di atas tidak muncul.

Jika terlanjur terjadi serangan jantung, pertolongan pertama yang perlu dilakukan, segera membawa pasien ke rumah sakit. Bila memungkinkan, beri pasien aspirin untuk dikunyah agar melancarkan bekuan darah.

Yang terbaik adalah mencegah jangan sampai jantung bermasalah. Risiko serangan jantung sebenarnya bisa dikurangi sejak dini, yakni dengan menjalankan gaya hidup sehat dengan pola yang benar. Juga, stop merokok, hindari stres, serta berolahraga rutin dan teratur.


dikutip dari : PRUgalaxy EDISIQ2|2013

Jejes

Jejes sebagai penulis Blog Jejes' Island menerima kritik dan saran yang boleh diberikan melalui kotak komentar di bawah atau dengan email ke jessicaaswin@gmail.com . Jejes juga mengelola Blog Winvestionary yang dapat dikunjungi melalui menu WInvestionary di atas atau klik di sini.

No comments:

Post a Comment